DESA UBUNTU
PERSINGGAHAN SUMBER INSPIRASI TERBUKA ANDA


Mangatasi masalah sound pada ubuntu

Masalah sound sering terjadi setelah melakukan instalasi ubuntu misalnya suara tidak keluar atau suara terlalu kecil. Hal ini lebih sering terjadi pada instalasi yang dilakukan di laptop. Seperti pengalaman saya pribadi melakukan instalasi ubuntu pada laptop Acer TravelMate 3270. Saat itu bahkan suara sound tidak keluar sama sekali. Hal yang sama terjadi pada temen-temen di kampus yang juga mengalami hal serupa.

Setelah saya cek tidak ada masalah dengan sound-card saya, sound card saya Intel HDA dengan chipset Realtek didetect oleh ubuntu. Setelah sedikit berpikir "Apakah mungkin volumenya atau PCM-nya belum diaktifkan?". Saya coba lihat dengan menggunakan perintah pengaturan volume lewat terminal yaitu alsamixer. Dan ternyata memang benar Front dan PCM saya masih 0 Volumenya. Untuk membuka alsamixer klik menu Applications -> Accecories -> Terminal.

$ alsamixer

Lihat ilustrasi gambar dibawah:

Naikkan volume bar untuk Master, PCM, dan Front hingga 100% menggunakan tombol panah atas, gunakan tombol panah kiri atau kanan untuk berpindah antar bar. Selain menggunakan alsamixer anda juga dapat menggunakan GUI yaitu dengan mengklik icon speaker yang ada sudut panel anda. Namun pastikan bahwa semua opsi Master, PCM, dan Front ada dengan mengklik menu edit Preferences.

Semoga membantu :).

0 comments: